Translate

Jumat, 06 April 2012

Tugas Perilaku Keorganisasian ke-2


TUGAS
PERILAKU KEORGANISASIAN













                          NAMA                    : ARNOLDUS SUTARYANTO
       NPM                       : 19210610
                          KELAS                   : 2EA18



Cairan Kimia di Demo BBM Tidak Ditembak, Tapi Disiram

Jakarta Sejumlah orang menderita luka-luka seperti tersundut rokok akibat kerkena cairan kimia saat demonstrasi digelar di depan gedung DPR. Melihat luka korban, cairan kimia jenis asam dengan konsentrasi rendah yang digunakan pelaku tidaklah disemprot, melainkan disiramkan.

"Melihat lukanya sepertinya disiramkan. Sebab kalau ditembakkan maka pancurannya akan beda. Sempat muncul spekulasi mungkin tidak disemprotkan oleh water cannon, kalau pakai water cannon pasti yang kena lebih banyak lagi," tutur ahli DNA forensik, dr Djaja Surya Atmadja dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (2/4/2012).

dr Djaja menduga cairan asam itu dibawa dalam wadah yang terbuat dari plastik atau wadah kecil lainnya yang tidak mencurigakan. Yang jelas wadah yang digunakan untuk membawa cairan ini tidak terbuat dari logam. Sebab asam ini bisa bersifat korosif. Karena itu tidak mungkin pula ditaruh di water cannon.

"Kalau cairan ini dibawa begitu saja susah, kalau pakai logam bisa jebol. Maka pembawanya harus plastik atau kaca. Tidak bisa kalau water cannon. Karena reaksi dengan logam jadi garam, lalu berkarat. Sedangkan reaksi dengan kulit akan menarik air, sehingga lukanya kering dan jadi sel mati," terang akademisi UI ini.

Luka para korban, imbuh dia, mirip semua. Mendengar cerita dari wartawan JakTV, Ananto Handoyo, bahwa dia terkena di sisi kanan maka bisa diketahui asal siraman dari arah massa pendemo.

"Dengar cerita wartawan JakTV, kena di sisi kanan. Kanan itu demonstran, kiri polisi dan jarak 20 meter water cannon," imbuh dr Djaja.

Penyiraman cairan asam sudah kerap terjadi. Apalagi cairan ini relatif mudah didapat. Namun kasus sebelumnya adalah kasus individual seperti suami menyiram istri dengan cairan kimia.

"Tujuannya untuk bikin sakit dan cacat. Kalau dalam konsentrasi besar memang bisa membuat cacat," lanjut dr Djaja.

Ananto Handoyo dan 5 orang lainnya yang terkena cairan kimia saat demo anti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), pada Jumat (30/3/2012) di depan gedung DPR. Wajah Ananto saat ini masih luka parut akibat cairan itu.


PEMECAHAN MASALAH :
Jika kasus ini belum bisa di pecahkan, siapa yang melemparkan cairan kimia tersebut, maka kejadian ini pasti akan berlanjut terus apabila akan terjadi kasus demo besar-besaran. Polisi untuk saat ini harus mengidentifikasi atau mengusut kasus ini, siapa tersangka dari pelemparan cairan kimia tersebut. Jika tidak pasti akan memakan korban yang lebih banyak dan orang yang tidak bersalah pun menjadi korban.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar