PERILAKU KONSUMEN
Nama : Arnoldus Sutaryanto
NPM : 19210610
Kelas : 3EA18
1). Apa Yang dimaksud dengan
Perilaku Konsumen ?
Menurut Engel (dalam Mangkunegara, 2002) mengemukakan bahwa
perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang
secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang
jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan
menentukan tindakan-tindakan tersebut. Loudon dan Bitta (1984) mendefinisikan
perilaku konsumen yaitu sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, mempergunakan
barang-barang dan jasa. Menurut Peter dan Oslo (dalam Rangkuti, 2002)
menyatakan bahwa perilaku konsumen merupakan interaksi dinamis antara pengaruh
dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita dimana manusia melakukan
aspek pertukaran dalam hidup mereka.
Gerald Zaltman dan Melanie Wallendorf menjelaskan bahwa
perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan proses dan hubungan sosial yang
dilakukan oleh individu, kelompok dan oraganisasi dalam mendapatkan,
menggunakan sesuatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan
produk, pelayanan dan sumber-sumber lainnya.
Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa
perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu,
kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan
dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu
berubah dan bergerak sepanjang waktu. Selain itu merupakan tindakan yang
langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan
jasa.
Konsumen
adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Konsumen diasumsikan
memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan
konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang, kapasitas produksi, teknologi
yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi jumlah
penerimaan untuk suatu periode konsumsi. Focus dari
perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan
sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar